Tim UKM Sepak Bola UAD Raih Gelar Juara Turnamen ‘Pancasila Bersahabat 2023’

sepakbola.uad.ac.id; Ahad, 14 Mei 2023 – Tim Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sepak bola Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta berhasil menjadi Juara dalam turnamen sepak bola antar perguruan tinggi, Pancasila Bersahabat yang diselenggarakan di Stadion Pancasila UGM, Yogyakarta.


Pancasila Bersahabat adalah turnamen sepak bola antar perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh UKM sepakbola UGM. Turnamen ini diikuti oleh tim sepak bola dari berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta dari berbagai daerah. Di edisi pertama turnamen ini tim yang turut berpartisipasi yakni tim sepak bola Universitas Gajah Mada (UGM) selaku tuan rumah, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Turnamen ini menggunakan format kompetisi  home turnament 1 putaran, semua tim saling berjumpa dan beradu taktik di Stadion Pancasila UGM, Yogyakarta pada 12-14 Mei 2023.

Tim UKM Sepak bola UAD memastikan diri menjadi juara turnamen sepak bola Pancasila Bersahabat 2023 setelah berhasil menjadi pemuncak klasemen dengan mengoleksi 12 poin setelah sapu bersih 4 laga, yakni mengalahkan  UGM dengan skor 4-1, mengalahkan UNDIP(3-0), mengalahkan UNSOED (2-0) dan berhasil menang di laga terakhir melawan UTY dengan skor (5-0).

Luapan rasa bahagia dan bangga tak bisa lepas dari raut wajah para pemain, pelatih, pembina dan suporter yang datang siang tadi di Stadion Pancasila. Wajar saja, ini adalah title Juara 1 tim UKM Sepakbola UAD setelah terakhir kalinya menjadi juara turnamen atau kompetisi sepak bola yaitu pada turnamen FISH CUP UGM pada 2013 silam, di stadion yang sama. Dalam kurun waktu hampir 10 tahun terakhir berpartisipasi di berbagai ajang turnamen & kompetisi sepak bola regional maupun nasional, tim berjuluk ‘the sun shine’ ini baru dapat menorehkan prestasi terbaiknya sebagai Runner up dan Peringkat 3 terbaik turnamen/kompetisi.

Pelatih dan Pembina UKM Sepak bola UAD mengatakan hal yang senada bahwa hasil gelar juara di turnamen ini tak lepas dari pentingnya disiplin berlatih dan kekompakan tim. Di wawancarai setelah penyerahan piala penghargaan Pancasila Bersahabat 2023, Pembina UKM Sepak bola UAD, Bapak Yudhiakto Pramudya Ph.D merasa tim sepak bola UAD sangat layak mendapat prestasi Juara 1 ini setelah bertahun-tahun tim berjuang dengan disiplin latihan dan mengikuti berbagai turnamen sepak bola. Beliau juga mengapresiasi peran para alumni yang selalu memberikan dukungan moril pada adik-adiknya serta mendukung langsung pada turnamen ini.

Hal senada dikatakan oleh pelatih kepala UKM Sepak bola UAD, Pramono “Ini adalah bukti teman-teman mahasiswa (pemain sepakbola tim ini) dapat mengaplikasikan intruksi materi pelatih saat latihan ke dalam sebuah pertandingan, dapat berjuang maksimal untuk membela almamater kebanggannya, kekompakan komunikasi antar pemain, & yang tak kalah penting adalah dukungan dari kampus (UAD) dari segala aspek untuk kita, apalagi kita sekarang memiliki fasilitas lapangan baru, harapannya ini akan menjadi pemicu semangat yang lebih besar lagi untuk mahasiswa (Universitas Ahmad Dahlan) bergabung berlatih dengan kami dan berusaha mencetak prestasi baru untuk UAD kedepannya.”

Juara turnamen Pancasila Bersahabat 2023 ini terasa semakin lengkap juga tatkala salah seorang pemain dari tim UKM Sepak bola UAD, Wahyu (mahasiswa dari Program Studi Informatika, Fakultas Teknologi Industri UAD) berhasil mendapatkan gelar individu sebagai pemain terbaik pada turnamen ini.(/Ang)

oleh : Ahmad Ngarif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *